9 Resolusi Tahun Baru 2023 dan Contohnya

9 Resolusi Tahun Baru 2023 dan Contohnya

9 Resolusi Tahun Baru 2023 dan Contohnya

Menjelang akhir tahun, banyak orang yang mulai membuat sebuah resolusi dan mencari tahu apa resolusi tahun baru yang bisa dilakukan demi mencapai kehidupan sehat di 2023. Resolusi sendiri adalah salah satu tradisi yang populer dilakukan oleh seseorang saat memasuki tahun baru. Salah satu resolusi yang suka dibuat seseorang adalah resolusi kesehatan untuk memberikan perubahan dalam hidup dari tahun ke tahun. Resolusi kesehatan ini sangat beragam seperti kesehatan fisik, mental, dan lainnya. Maka dari itu mulai lah membuat resolusi secara bertahap dan sederhana. Berikut ada 9 resolusi kesehatan yang bisa kamu terapkan.

  1. Rutin Berolahraga

Pada dasarnya, banyak orang yang mencantumkan olahraga menjadi sebuah resolusi untuk tahun barunya hal ini dilakukan dengan tujuan ingin mengubah pola hidup dan bentuk tubuh. Dengan melakukan olahraga secara rutin sangat bermanfaat bagi tubuh. Yang terpenting sobat IGM itu memiliki keinginan dan bisa menekuni kegiatan ini, sebetulnya tidak harus melakukan olahraga berat sobat IGM bisa memulai dengan aktivitas ringan seperti yoga, jogging pagi, dan jalan kaki.

  1. Banyak Minum Air Putih

Penting untuk disadari dengan minum air putih yang banyak bisa bermanfaat untuk tubuh dan menjadikan tubuh makin bugar. Selain itu, seseorang juga bisa mulai untuk mengurangi minuman manis, kafein, dan bersoda untuk mencegah resiko dari berbagai penyakit.

  1. Pola Makan Lebih Sehat

Pada kenyataan, banyak orang yang kurang berminat untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan alasan ribet dan kurang cocok pada dirinya. Maka dari itu untuk mengubah perilaku sobat IGM di tahun 2023 bisa dengan cara mengganti makanan menjadi “Tumpeng Gizi Seimbang”. Tumpeng gizi seimbang adalah istilah pengganti dari 4 sehat 5 sempurna.

Tumpeng Gizi Seimbang
Sumber: Kemenkes

Tumpeng gizi seimbang menjadi panduan kesehatan yang terdiri dari pada lapisan terbawah tumpeng terdapat makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat terdiri dari makanan pokok yang dianjurkan yaitu 3-4 porsi dalam satu hari. Lapisan berikutnya ada sayuran dan buah yang dikonsumsi sebanyak 2-3 porsi dalam satu hari dengan tujuan menambah sumber vitamin. Di lapisan tengah ada lauk pauk yang dianjurkan memiliki sumber protein, baik itu protein hewani maupun nabati dengan jumlah konsumsi sebanyak 2-4 porsi perhari.  Di Lapisan puncak tumpeng berisi anjuran untuk membatasi konsumsi Gula, Garam, dan Lemak (GGL) dengan tujuan  untuk mencegah berbagai penyakit. Dan yang paling penting, sobat IGM jangan lupa untuk meminum air putih sekitar delapan gelas sehari dan aktivitas fisik yang dapat membakar energi, merangsang perkembangan otot dan pertumbuhan, menjaga kebugaran, serta melancarkan sistem metabolisme tubuh.

  1. Menambah Skill Baru

Pada kesempatan ini, bila sobat IGM ingin membuat resolusi untuk tahun 2023. Maka sobat IGM bisa  mulai untuk menambah skill baru yang tidak hanya pada skill yang bisa menunjang pekerjaan. Tetapi menambah skill yang bisa berguna bagi kehidupan di luar pekerjaan dengan mulai mempelajari hal-hal yang baru.

  1. Tidur yang Cukup

Pada umumnya, tidur berperan penting untuk kesehatan tubuh. Paling tidak sobat IGM harus membutuhkan istirahat minimal 7-9 jam sehari. Dengan sobat IGM menjaga kualitas dalam tidurnya, maka tubuh akan lebih segar dan pikiran akan lebih jernih. Sebaliknya, bila sobat IGM kurang tidur akan menghambat aktivitas dan berdampak buruk pada kesehatan.

  1. Batasi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan makanan dengan minat yang tinggi karena mudah didapatkan dan enak. Namun, makanan ini tidak boleh terlalu sering untuk dikonsumsi karena akan mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, bila sobat IGM ingin membuat resolusi. Maka, sobat IGM harus mulai beralih ke makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh. 

  1. Berhenti Merokok

Utamanya merokok dapat memicu resiko dari berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Dalam hal ini untuk membuat resolusi di tahun 2023, maka sobat IGM bisa memasukkan resolusi untuk berhenti merokok. Paling tidak bisa dilakukan dengan perlahan-lahan dan tidak harus langsung berhenti.

  1. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dan makanan manis bisa berisiko terkena obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan gigi berlubang bagi anak-anak dan orang dewasa. Dalam hal ini, bila sobat IGM ingin merubah perilakunya di tahun baru 2023. Maka sobat IGM harus membuat keputusan bijak dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.

  1. Menekuni Hobi

Pada kenyataan, seseorang suka meluangkan waktu untuk melakukan hobi dengan tujuan bersenang-senang sebagai rekreasi untuk menenangkan pikiran setelah lelah bekerja atau bersekolah. Jika sobat IGM mau membuat resolusi di tahun 2023, maka bisa memasukkan menekuni hobi menjadi salah satu dari resolusi.

Secara keseluruhan, sudah disebutkan beberapa resolusi tahun baru yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk merubah gaya hidup demi kesehatan. Selain itu, dengan mengurangi gaya hidup konsumtif, dan mulai melakukan kegiatan yang disukai akan membuat kehidupan di tahun baru pun terasa lebih menyenang. Jadi, yuk sobat IGM segera buat resolusi kesehatan untuk hidup yang lebih baru di tahun yang baru.

Indofarma Global Medika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.