Cara-cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Cara-cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Menjaga kesehatan organ pernapasan adalah hal yang sangat penting, karena bernapas adalah aktivitas keseharian yang sangat vital, tidak ada makhluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa bernapas.

Meski aktivitas bernapas adalah hal yang kita lakukan secara tidak sadar, namun ternyata  aktivitas ini sangat kompleks dan merupakan hasil kerja dari berbagai organ pernapasan dan jaringan. Dikutip dari Halodoc organ-organ yang berperan dalam pernapasan diantaranya adalah hidung, faring, epiglotis, laring, trakea, tabung bronkial, bronkiolus, paru-paru, alveolus dan diafragma.

Begitu pentingnya menjaga kesehatan organ pernapasan, ternyata hal ini dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang sangat sederhana, berikut adalah tips-tipsnya.  

5 tips sederhana untuk menjaga kesehatan organ pernapasan

Tidak Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang paling banyak menyebabkan kerusakan organ pernapasan, sehingga hal ini menjadi salah satu tips utama dalam menjaga organ pernapasan yang paling efektif. Asap rokok mengandung toksin yang dapat menyebabkan kinerja paru-paru menjadi tidak optimal sehingga muncul berbagai penyakit seperti infeksi pernapasan (bronkitis dan pneumonia), asma, dan batuk.

Menghindari Polusi Udara

Selain rokok, polusi udara juga bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu. Polusi udara bukan hanya bersumber dari asap kendaraan, asap pabrik hingga bahan kimia yang terlepas ke udara dapat juga dikategorikan sebagai polusi udara. Merawat kendaraan, membersihkan lingkungan sekitar rumah dan menjadikan sirkulasi udara rumah lancar adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir polusi udara di lingkungan terdekat kita.

Mengonsumsi Makanan Yang Bergizi

Organ pernapasan kita dapat kita rawat dengan mengatur pola makan dengan menu sehat dan bergizi seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung protein (daging, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai), sayur dan buah (brokoli, kale,apel, pisang, alpukat), susu dan olahannya. 

Berolahraga dengan teratur

Layaknya seorang pesilat atau atlet angkat besi, olahraga yang teratur adalah kegiatan yang baik dilakukan sehingga organ pernapasan akan semakin kuat. Olahraga dapat menjaga kesehatan paru-paru dan melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga oksigen yang disalurkan ke otak dan ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Istirahat yang cukup

Organ pernapasan kita melakukan pekerjaan yang cukup berat dalam kesehariannya, sehingga untuk menjaganya agar tetap kuat dibutuhkan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup sekitar 6-8 jam per hari dapat menurunkan risiko penyakit seperti jantung, ginjal, diabetes dan penyakit kronis lainnya, selain itu istirahat yang cukup juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, Untuk memantau kesehatan pernapasan, kita dapat menggunakan alat seperti oxymeter pulse yang dapat memantau kadar oksigen dalam darah dan denyut nadi. 5 hal yang sederhana di atas dapat kita lakukan dengan segera dan dimulai dari diri kita dan lingkungan kita sehingga kita dapat terhindar dari gangguan kesehatan organ pernapasan.

Indofarma Global Medika

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.