Medbiz | Marketplace B2B Khusus Farmasi dan Alkes

Medbiz | Marketplace B2B Khusus Farmasi dan Alkes

logo medbiz

Bio Farma yang merupakan induk Holding BUMN Farmasi yang beranggotakan Kimia Farma, Indofarma dan Inuki baru saja meresmikan kehadiran marketplace B2B khusus farmasi yaitu Medbiz (Medicine Distribution Business Zone). Medbiz yang diresmikan secara langsung pada soft-launching pada 31 Agustus 2022. Medbiz merupakan strategi Bio Farma untuk mendigitalisasi pengadaan produk obat-obatan dan alat kesehatan secara menyeluruh, selain itu memiliki tujuan untuk menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi yang terintegrasi, cepat, dan efisien guna mendorong terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia.

Dalam hal ini Medbiz mendorong industri farmasi yang dimulai dengan apotik, klinik, dan rumah sakit. Medbiz juga melakukan kolaborasi dengan Sirclo sebagai penyedia solusi omnichannel commerce. Dalam hal ini Medbiz ingin memberikan sebuah pengalaman berbelanja dengan penawaran yang menarik dan kompetitif. Setelah 5 bulan diresmikan saat ini medbiz sudah memiliki 11 distributor di area Bandung, Jabodetabek, dan Purwokerto dengan 100 buyer yang terdaftar. Selain itu, Medbiz sudah melakukan 3807 transaksi selama periode September hingga Desember dengan menerapkan sistem transaksi melalui beberapa cara seperti:

  1. Cash Payment, yaitu pembayaran dengan berbagai metode pembayaran (Payment Gateway) Virtual Account, CC, Digital Wallet
  2. Credit Reguler, yaitu pembayaran dengan TOP (Term Of Payment) sesuai yang diberikan oleh Distributor
  3. Distributor Financing, yaitu mendapat credit limit oleh Bank sesuai kemampuan apotek. Namun untuk metode pembayaran ini belum bisa dilakukan di Medbiz saat ini.
  • Melakukan Mitra dengan SIRCLO

 Dalam berkolaborasi bersama SIRCLO, Medbiz menghadirkan beragam fitur terlihat pada laman resmi maupun aplikasi yang bertujuan untuk membantu para penyedia jasa farmasi untuk menjelajah lebih banyak kategori produk dan pilihan distributor resmi. Selain itu, Kehadiran beragam fitur yang merupakan hasil dari negosiasi SIRCLO dengan ICUBE dan solusi individu yang ditawarkan oleh Swift SIRCLO.

Pada hal ini ICUBE SIRCLO merupakan layanan yang disediakan oleh SIRCLO Group, yang menjadi pengaktif bisnis multi-saluran yang menawarkan konsultasi strategi berbasis Magento dan implementasi teknologi multi-saluran. Seiring dengan meningkatnya permintaan pemilik merek untuk memperkuat pengelolaan halaman penjualan mereka, Swift by SIRCLO hadir untuk memberikan solusi pengembangan teknologi multi-channel. Kedua produk dan solusi di bawah naungan SIRCLO Group yang  membuat adanya pengaruh perkembangan pada Medbiz. 

  • Keunggulan-Keunggulan yang Dimiliki Medbiz
  1. Memiliki pelacakan pesanan yang mudah untuk diakses dan diperiksa
  2. Mempunyai pengiriman yang cepat
  3. Memiliki keaslian dalam barang yang akan diterima.
  4. Memiliki pembayaran yang mudah untuk digunakan oleh penggunanya.
  5. Menawarkan harga yang sangat kompetitif kepada para penggunanya.

  • Benefit yang Diberikan untuk Distributor 
  1. Bila bergabung dengan Medbiz, para distributor akan bisa menjangkau khalayak secara luas
  2. Para distributor memiliki peluang penjualan yang lebih besar dan tidak perlu melakukan penjualan secara langsung atau kunjungan.
  3. Para distributor bisa melakukan beragam promo dan semua dokumen yang diberikan sudah berbentuk digital sehingga dapat diakses dengan mudah saat dibutuhkan.
  4. Pembeli yang sudah ada di Marketplace ini sudah melalui proses verifikasi & validasi sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku
  5. Sudah adanya Online payment yang bisa meminimalkan fraud (kecurangan) saat collection.

  • Benefit yang Diberikan untuk Retailer
  1. Memudahkan retailer dapat bertransaksi dengan multi distributor/seller di satu platform
  2. Memudahkan retailer yang tidak perlu menunggu jadwal kunjungan salesman karena pembelian dilakukan secara online dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun
  3. Menyediakan produk yang terjamin keasliannya. 
  4. Menerapkan konsep marketplace yang praktis & bisa digunakan dengan memberikan pengalaman yang menarik sehingga mudah dalam penggunaannya.
  5. Memudahkan retailer dalam memilih expedisi apa saja yang ingin digunakan.
  6. Memiliki mitra atau penjual yang sudah terjamin kebenarannya, karena sudah melalui proses verifikasi dan validasi yang disesuaikan oleh peraturan perundang- undangan yang berlaku

Selengkapnya kunjungi https://medbiz.id/

Indofarma Global Medika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.