Dinkes Kabupaten Mojokerto Terima 3.120 Vial Vaksin Sinovac

Dinkes Kabupaten Mojokerto Terima 3.120 Vial Vaksin Sinovac

Liramedia.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto menerima pendistribusian Vaksin Sinovac sebanyak 3.120 Vial yang dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dengan menggunaka mobil boks khusus bertuliskan Indofarma Global Medika dan dikawalan ketat oleh mobil Patwal Satlantas Polda Jatim dan mobil Sat Sabhara Polda Jatim, Senin (25/1/2021).

Pendistribusian Vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ke Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto tersebut ditinjau dan disaksikan langsung oleh Kapolres Mojokerto, AKBP. Dony Alexander di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Jalan RA. Basoeni, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 3.120 vial Vaksin Sinovac tersebut langsung disimpan di ruang gedung vaksin Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dengan suhu 2°C hingga 8°C.

Vaksin tersebut rencananya akan diperuntukan untuk tenaga kesehatan yang ada di 11 Rumah Sakit, 27 Puskesmas dan seluruh Klinik yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, dr. Langit Kresna Janitra mengatakan, bahwa vaksin ini pengiriman pertama dan kita simpan dulu hingga menunggu hasil koordinasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Mojokerto.

“Sebanyak 3.120 vial Vaksin ini, pelaksanaan vaksinasinya menunggu koordinasi Pak Kadinkes dengan Bupati,” ungkapnya.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr. Siti Nur Hidayati menambahkan, seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto akan kita kumpulkan dulu untuk diberikan pengarahan terkait persiapan vaksinasi.

Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan dan evaluasi.

“Dinkes Kabupaten Mojokerto akan melakukan supervisi terkait persiapan setelah vaksin datang. Tempat penyimpanan vaksin harus memenuhi persyaratan yakni, jika listrik mati harus ada persiapan genset, lemari penyimpanan vaksin harus mencukupi sesuai jumlah barang yang dikirim. Selain itu, suhu harus terkontrol dan petugasnya harus terlatih. Sasaran di Kabupaten Mojokerto ada 4.700 lebih. Kalau dua dosis berarti kita kalikan dua yang artinya jumlahnya sekitar 9 ribu lebih. Nanti harus ada stok 10% dari yang kita usulkan,” tegas Siti. (Joe)

Sumber: https://m.liramedia.co.id/read/dinkes-kabupaten-mojokerto-terima-3120-vial-vaksin-sinovac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.