Kerumunan – Cara Melindungi Diri di Tengah Lautan Manusia

Kerumunan – Cara Melindungi Diri di Tengah Lautan Manusia

Cara Melindungi Diri di Tengah Kerumunan Manusia

Saat ini, Insiden maut di tengah kerumunan kian marak terjadi. Salah satunya di Indonesia, pada 1 Oktober silam lebih dari 100 orang tewas terinjak di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Dalam kasus lain, terdapat tragedi di daerah yang cukup terkenal yaitu Itaewon, Korea Selatan yang menewaskan lebih dari 150 orang. Tragedi ini bertepatan dengan perayaan pesta Halloween setelah tiga tahun usai pencabutan pembatasan COVID-19 di Korea Selatan. Alhasil pengunjung datang secara membludak dan mayoritas dari pengunjung mengalami sesak napas hingga henti jantung karena kurangnya ruang bergerak dan oksigen di sekitarnya.

Tidak hanya peristiwa tersebut saja, meningkatnya jumlah kerumunan juga bisa terjadi di acara-acara publik yang menarik perhatian banyak orang seperti festival musik. Jadi, bagaimana cara melindungi diri dari kerumunan banyak orang? Mari simak info selengkapnya lewat artikel di bawah ini.

Lakukan Cara Berikut saat Terjebak di Tengah Kerumunan Manusia

  1. Hal pertama yang perlu diingat adalah kendalikan diri dari panik dan fokuslah mengatur napas dengan mengepalkan kedua tangan di depan dada dengan tujuan untuk membuat ruang agar supaya dapat bernapas.
  2. Atur langkah dan jangan membuang tenaga dengan banyak berteriak. Situasi ini justru membuat pemborosan pada energi dan oksigen. Maka dari itu dianjurkan tetap tenang dan tegakkan kepala untuk bisa mendapatkan udara semaksimal mungkin.
  3. Hindari melawan arus dalam kerumunan atau mendadak berhenti. Dalam kasus ini adalah kesalahan besar yang akan mengakibatkan peluang untuk tersandung dan terjatuh lebih besar.
  4. Ikuti kecepatan arus dan terus bergerak ke sisi yang lebih renggang, dengan melakukan ini bisa berpotensi bertemu jalan keluar atau daerah evakuasi.
  5. Jika menjatuhkan sesuatu, lepaskan dan jangan diambil. Pada situasi ini, seseorang tidak akan bisa kembali berdiri karena akan ada dorongan yang akibatnya membuat seseorang berisiko terjatuh dan terinjak oleh kerumunan tersebut.
  6. Berdirilah dalam posisi seperti kaki petinju, ”satu kaki di depan dan satu kaki di belakang dengan lutut sedikit ditekuk”. Dalam situasi ini dilakukan untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh agar selamat.
  7. Hindari berada di sebelah tembok atau penghalang lainnya yang akan menyebabkan tidak bisa mengikuti arus kerumunan dan cenderung akan membuat seseorang terjepit
  8. Pastikan ponsel terisi daya. Kapanpun seseorang bisa terpisah dari orang terdekat, maka gunakan ponsel tersebut untuk berkomunikasi atau meminta bantuan

Terdapat berbagai cara mudah untuk melindungi diri di tengah kerumunan manusia. Kadang kala untuk menerapkan hal ini tidaklah mudah karena lebih dulu muncul rasa panik saat terjebak di kondisi tersebut. Oleh sebab itu, lakukan semaksimal mungkin agar dapat keluar dari momen yang membahayakan tersebut. 

Sumber: klikdokter

Indofarma Global Medika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.