Transportation Management System (TMS)

Transportation Management System (TMS)

Transportation Management System

Pengertian Transport Management System

Transportation Management System/TMS adalah platform yang digunakan perusahaan untuk mengelola fungsi logistik dan transportasi secara efektif. TMS memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan proses tender dan pemesanan. TMS menggabungkan semua informasi mengenai pergerakan kendaraan di satu tempat untuk dapat merencanakan dan melaksanakan operasi transportasi dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya.

TMS Sebagai Solusi

Transportation Management System/TMS hadir untuk memecahkan beberapa masalah dalam manajemen transportasi, seperti kebutuhan biaya yang tinggi akibat pengalokasian pesanan secara manual, manajemen perawatan kendaraan yang buruk, kapasitas kendaraan yang tidak maksimal, manajemen rute yang buruk dan ketepatan waktu pengiriman. Dengan menerapkan TMS perusahaan dapatĀ  memusatkan dan mengatur data transportasi sehingga memungkinkan perusahaan untuk:

  • Merencanakan dan memperkirakan kebutuhan jaringan
  • Mengoptimalkan rute
  • Melacak pengiriman
  • Mengotomatiskan proses 
  • Menangani pembayaran dan penyelesaian

Dengan menggunakan aplikasi TMS yang tepat akan memungkinkan perusahaan untuk mengubah data menjadi informasi penting, yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, sehingga dapat mencapai efektivitas dan efisiensi operasi logistik yang lebih besar.

Dulu, untuk menerapkan TMS perusahaan harus membangun sendiri sistem TMS, hal ini tentu saja akan membebani perusahaan baik secara waktu maupun biaya. Sistem TMS yang baik harus bisa mencakup banyak hal terkait supply chain dari end to end, tentu saja hal ini akan membuatnya menjadi sangat kompleks dan bisa jadi memakan biaya yang sangat tinggi. Namun sekarang perusahaan dapat menggunakan TMS melalui subscription layanan berbasis cloud yang banyak tersedia saat ini sehingga dapat menghemat secara waktu dan biaya.

Dalam menentukan layanan TMS yang di-subscribe, pilihlah TMS partner yang paling mendekati kebutuhan perusahaan. Seringkali nama besar bukan menjadi jaminan bahwa produk TMS yang diberikan akan cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Indofarma Global Medika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.