FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI KANTOR PUSAT PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 bertempat di Kantor Pusat PT. Indofarma Global Medika, beralamat di Kompleks Infinia Park Blok B.86 Jl. Dr. Saharjo no.45 Jakarta Selatan, diadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang masukan untuk perbaikan perusahaan. Sebagai pembicara dalam FGD ini adalah Bapak Teddy Wibisana selaku Komisaris Independent PT. Indofarma (Persero) Tbk. Pendekatan metode dalam FGD ini adalah dengan metode Brainstorming yaitu pembicara melontarkan suatu masalah ke forum kemudian peserta memberikan pendapat atau komentar sehingga kemungkinan masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru, yang kemudian diverifikasi untuk dicari tahapan penyelesaiannya bersama-sama.

Focus Group Discussion ini dihadiri oleh seluruh Manager, Asisten Manager Kantor Pusat dan Kepala Cabang Jabotabek PT. Indofarma Global Medika.

Identifikasi masalah yang ada dikumpulkan dari peserta untuk diverifikasi dan dicarikan penyelesaiannya.

Tujuan penyelenggaraan FGD ini adalah memberikan masukan kepada pihak Manajemen PT. Indofarma Global Medika guna merumuskan tahapan strategis korporasi ke depan.

Direksi PT. Indofarma Global Medika dan Peserta Focus Group Discussion (FGD)
Direksi PT. Indofarma Global Medika dan Peserta Focus Group Discussion (FGD)

ACARA SYUKURAN KANTOR BARU PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA CABANG BOGOR

Pada hari Sabtu tanggal 4 Agustus 2018 diadakan acara syukuran/ pindah kantor baru PT. Indofarma Global Medika cabang Bogor, beralamat di Jl. Raya Cifor No.9 RT.01 RW.03 Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB dan dihadiri oleh Direktur Utama PT. Indofarma Global Medika, Kepala Cabang PT. Indofarma Global Medika cabang Bogor dan seluruh karyawananya, Medical Representatif  PT. Indofarma (Persero) Tbk, PT. Promedik serta mengundang anak yatim Piatu. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Acara ini diisi dengan pembacaan doa dan potong tumpeng seluruh karyawan cabang Bogor dan dihadiri oleh beberapa undangan. Inti dari acara ini adalah syukuran atas pindahnya kantor cabang baru Bogor.

Semoga dengan menempati kantor cabang baru dapat meningkatkan kinerja operasional cabang.

Pemberian Potongan Tumpeng dari Kepala Cabang PT. IGM Bogor kepada Direktur Utama PT. IGM
Karyawan PT. IGM Cabang Bogor
Acara Syukuran Peresmian Kantor Cabang baru PT. IGM Bogor
Dalam Acara ini mengundang anak-anak Yatim Piatu

 

 

PENYELENGGARAAN PELATIHAN HIPNOTHERAPY TAHAP II DI KANTOR PUSAT PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Pada hari Rabu, 8 Agustus 2018 bertempat di Kantor Pusat PT. Indofarma Global Medika, beralamat di Kompleks Infinia Park Blok B.86 Jl.Saharjo no.45 Jakarta Selatan, diadakan pelatihan Hipnotherapy Tahap ke 2 yang dihadiri oleh 12 orang peserta yang terdiri dari 9 orang karyawan PT. Indofarma Global Medika dan 3 orang karyawan PT. Farmalab Indoutama yang merupakan anak perusahaan PT. Indofarma Global Medika. Pemberian materi Hipnotherapy disampaikan oleh Ibu Merry Oktarina yang merupakan Sales Manager bidang Sales Reguler di PT. Indofarma Global Medika.

Di awal Pelatihan, pemberi materi memberikan penjelasan secara teori tentang definisi hipnotherapy tersebut sebelum mempraktekannya kepada salah satu peserta training. Sugesti positif diberikan oleh pemberi training ke peserta, sehingga penjelasan dari pemberi materi tanpa tidak disadari oleh peserta terekam dalam memori mereka.

Tujuan training ini adalah untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja dan berpikiran positif sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik.

 

Penjelasan Materi Pelatihan oleh Ibu Merry Oktarina
Penjelasan oleh Bapak Adril Syafei, Manager SDM,Umum dan IT
Peserta Pelatihan Hipnotherapy Tahap II

 

PENYELENGGARAAN PELATIHAN CORPORATE STRATEGIC RISK AND COMPLIANCE (CSRC)

Pada hari Rabu 11 Juli 2018 PT. Indofarma Global Medika melakukan pelatihan Corporate Strategic Risk and Compliance (CSRC) kepada karyawannya. Instruktur dalam pelatihan ini adalah Bapak Hartanto dan Bapak Lukman Bachmid sub bidang CSRC, yang merupakan sub bidang baru di PT. Indofarma Global Medika.

Materi pelatihan ini memaparkan tentang Basic Risk, yaitu :

  1. Risk Framework, ada 2 ( dua ) kerangka yang digunakan yaitu : COSO/ ISO 31000 adalah kerangka konseptual pengendalian internal
  2. Enterprise Risk Management (ERM) secara garis besar menjabarkan seperti apa risiko dalam suatu perusahaan itu dikelola dalam internal perusahaan, dalam hal ini di internal PT. Indofarma Global Medika. Risiko sebagai suatu sistem. yang terintegrasi tidak berdiri sendiri dan pengelolaan risikonya tersistem.
  3. Risk Assessment adalah bagaimana risiko itu diukur dimulai dengan melakukan proses risk identification, risk analysis, hingga risk evaluation.
  4. Hasil Risk Assessment akan direspon dan dilakukan review dan monitoring.

Tujuan dalam pelatihan ini adalah :

  1. Peserta diharapkan kesadaran akan pentingnya Risiko dan terbangunnya Budaya Sadar Risiko di PT. Indofarma Global Medika ( Awareness )
  2. Peserta diharapkan akan lebih mengetahui arti Risiko, ERM dan Risk Assesmentnya ( Knowledge )
  3. Peserta diharapkan dapat melakukan proses Self Risk Assesment secara optimal ( Implementation )
  4. Peserta diharapkan akan terus melakukan monitoring dan improvement berkenaan dengan Risiko ( Continuity )

Diharapkan dengan  pelatihan ini karyawan dapat memahami dan memiliki kesadaran atas risiko bisnis  dan karyawan dapat mengaplikasikannya di dalam pekerjaannya.

Pemaparan Materi Pelatihan Corporate Strategic Risk and Compliance (CSRC)
Pemaparan Materi Pelatihan Corporate Strategic Risk and Compliance (CSRC)
Peserta Pelatihan Corporate Strategic Risk and Compliance (CSRC)

Peserta Pelatihan Corporate Strategic Risk and Compliance

SERTIFIKASI ISO 9001 : 2015 DAN OHSAS 18001:2007 PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Untuk menjamin mutu perusahaan ada sebuah dasar yang menjadi acuan yaitu panduan dalam ISO 9001 : 2015, yang semula ISO 9001 : 2008 adalah mewakili semua indikator kelayakan mutu sehingga bisa menilai perusahaan secara optimal. OHSAS 18001 : 2007 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang bertujuan untuk mengelola aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada setiap proses kerja di tempat kerja.

PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat melakukan renewal kedua sertifikat ini yaitu Sertifikat ISO 9001 : 2015 dan Sertifikat OHSAS 18001 : 2007.

Bidang Pengembangan Bisnis yang dipimpin oleh Bapak Toni Kurniawan melakukan renewal  proses kedua sertifikat ini.  Terkait renewal ini,  semua bidang PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat diadakan Internal Audit. Semua Bidang melakukan kelengkapan dokumen yang diminta oleh Tim Pengembangan Bisnis. Adapun proses renewal sertifikasi ini berlangsung selama 3 (tiga) bulan yaitu dari bulan Mei, Juni dan Juli 2018. Tahapan yang dilalui dalam proses renewal ini adalah :

  1. Pelatihan Audit Internal oleh Konsultan PT. ISC (International Standards Certification)
  2. Pelaksanaan Audit Internal PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat
  3. Rapat Tinjauan Audit Internal PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat
  4. Pelaksanaan Audit Eksternal (Renewal) sertifikasi ISO 9001 : 2015 dan OHSAS 18001 : 2007 PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat
  5. Closing Temuan Observasi (Tidak ada Temuan Mayor/Minor)Audit Eksternal (renewal) sertifikasi ISO 9001 : 2015 dan OHSAS 18001 : 2007 PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat
  6. Terbitnya Sertifikasi ISO 9001 : 2015 dan OHSAS 18001 : 2007.

Akhirnya pada tanggal 8 Juli 2018 PT. Indofarma Global Medika Kantor Pusat mendapat  kedua Sertifikat ini yaitu ISO 9001 : 2015 dan OHSAS 18001 : 2007 dan berlanjut dengan proses renewal sertifikasi ke seluruh cabang PT. Indofarma Global Medika.

Sertifikat ISO 9001 : 2015 PT. Indofarma Global Medika
Sertifikat OHSAS 18001 : 2007 PT. Indofarma Global Medika

PENYELENGGARAAN PELATIHAN HIPNOTHERAPY DI KANTOR PUSAT DAN KANTOR CABANG PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Sehubungan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di PT. Indofarma Global Medika, pada bulan Juli 2018 ini mulai diadakan pelatihan untuk seluruh  karyawannya.

Pelatihan pertama diadakan pada hari Selasa 10 Juli 2018 di kantor Pusat PT. Indofarma Global Medika beralamat di Kompleks Infinia Park Blok B.86 Jl. Saharjo no.45 Jakarta Selatan.

Training pertama diadakan pada hari Selasa 10 Juli 2018, Materi yang diberikan pada sesi pertama mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB adalah Hipnotherapy, tujuannya adalah untuk memotivasi karyawan untuk bekerja dan berpikiran positif sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik. Peserta pelatihan ini  berjumlah kurang lebih 10 orang yaitu terdiri dari Supervisor Administrasi, Supervisor Sales dan Salesman Pusat dan cabang PT. Indofarma Global Medika.

Dilanjutkan pada sesi kedua pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB dengan Materi Sales Management yaitu Pengajuan Purchase Analis sampai dengan Purchase Requesition (PR). Instruktur dalam Pelatihan ini adalah Ibu Merry Oktarina, S.T, Sales Manager bidang Sales Reguler di PT. Indofarma Global Medika Pusat.

Diharapkan dengan  pelatihan ini dapat membangun pikiran positif seluruh karyawan dalam bekerja dan tambahan pemahaman untuk proses bisnis di PT. Indofarma Global Medika. Pelatihan Hipnotherapy ini juga dilakukan di kantor cabang Purwokerto dan Mataram.

Direktur PT. Indofarma Global Medika memberikan arahan kepada peserta Pelatihan
Peserta Pelatihan Kelas Pertama Hipnotherapy
Pemberian Materi kepada Peserta Pelatihan
Pemberian sugesti kepada salah satu peserta Pelatihan
Pengarahan Manager Bidang SDM, Bapak Adril Syafei kepada peserta Pelatihan
Bidang SDM, Bapak Agus Kuanto memberikan arahan kepada peserta Pelatihan
Praktek dan Pemberian sugesti kepada salah satu peserta Pelatihan
Pelatihan Hipnotherapy di PT. Indofarma Global Medika Cabang Purwokerto
Pelatihan Hipnotherapy di PT. Indofarma Global Medika Cabang Mataram

ACARA BUKA BERSAMA KANTOR PUSAT PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Pada tanggal 31 Mei  2018 bersamaan dengan End of Month (EOM), PT. Indofarma Global Medika mengadakan buka bersama bertempat di kantor pusat, Kompleks Infinia Park Jl. Dr. Saharjo No.45 Blok B.86 Jakarta Selatan 12850. Dalam acara ini mengundang  beberapa anak yatim piatu dari Yayasan Panti Asuhan Al Ma’shum yang beralamat  di Jl. Swadaya 1 RT. 007/008, Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan.

Acara buka puasa bersama ini dihadiri oleh karyawan dan jajaran Direksi PT. Indofarma Global Medika. Melengkapi acara ini diisi ceramah oleh ustadz H. Mohammad Mansyur S.E. Tema ceramah yang disampaikan dalam acara ini adalah manfaat bersedekah bagi seorang muslim. Bersedekah tidak membuat seorang muslim menjadi kekurangan/ miskin tetapi banyak manfaat positif bagi seorang muslim jika melakukan sedekah.

Dalam acara ini PT. Indofarma Global Medika memberikan santunan kepada beberapa anak yatim piatu yang datang.  Takjil  pembuka puasa juga disiapkan oleh Divisi Umum dan SDM. Selain berbuka puasa, tujuan acara ini adalah mempererat silahturahmi antara karyawan dan direksi PT. Indofarma Global Medika.

 

PT. INDOFARMA (PERSERO) Tbk MEMPRODUKSI OBAT BARU YAITU : INDOMAG DAN GENISON 20

PT. Indofarma (Persero) Tbk sebagai induk perusahaan PT. Indofarma Global Medika memproduksi Produk baru yaitu Indomag dan Genison 20.

1.  Indomag

Adalah Obat Maag yang diperuntukkan untuk keluarga. Dikategorikan       sebagai produk Over The Counter ( OTC ), pemasarannya tidak memerlukan resep dokter, dapat dibeli di apotek.

a. Info Produk Indomag

– Komposisi

Dried Alumunium Hydroxide 325 mg, Magnesium Hydroxide 325 mg,              Simethicone 50 mg

–  Indikasi

Untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, tukak usus  dua belas jari, dengan gejala-gejala : mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung dan perasaan penuh pada lambung.

– Dosis

Dewasa  : 3 – 4 kali sehari 1-2 sendok takar ( 5-10 ml)

Anak-anak : 6-12 tahun : 3 – 4 kali sehari ½ – 1 sendok takar (2,5 – 5 ml).

Diminum 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan dan menjelang tidur

– Bentuk Sediaan

Sirup Suspensi Rasa Mint

–  Kemasan

Botol isi 150 ml

– HET

Rp. 14.300,-

b. Feature & Benefit

–  Antasida (Alumunium Hydroxide & Magnesium Hydroxide) : Menetralisir asam lambung sehingga isi lambung menjadi tidak korosif (tidak mengkikis mukosa lambung), ini juga membantu mengatasi nyeri yang diakibatkan luka dan sensasi terbakar dalam refluks asam lambung.

– Antiflatulent (Simethicone) : Memecah gelembung – gelembung gas yang ada di dalam usus sehingga meredakan perut kembung, sendawa terus menerus, dan rasa tidak nyaman/ nyeri dalam perut.

– Kombinasi (Antasida & Antiflatulent) : Pada saat lambung dinetralisir oleh Antasida, maka dapat memicu terbentuknya gas yang menyebabkan kembung pada perut. Antiflatulent akan memecah produksi gas tersebut sehingga kembung hilang.

c. Keunggulan

– Isi lebih banyak dan harga terjangkau.

– Bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak.

– Obat maag kombinasi antasida dan antiflatulent mampu meredakan gejala maag secara cepat.

– Dapat dibeli secara swamedikasi (bebas), tanpa resep dokter untuk pertolongan pertama gejala maag tiba.

2Genisone 20

Obat yang diperuntukan bagi anak-anak yang memiliki kelainan bawaan     sistem hormon kelenjar anak ginjal dapat disebut juga  sebagai Hiperlasia Adrenal Kongenital ( ukuran kelenjar ginjal penderita lebih besar dari ukuran normal ).

a.  Info Produk Genisone 20

– Komposisi : Tiap Tablet mengandung hydrocostisone 20 mg

– Kemasan   :  kotak @ 1 botol @ 50 tablet

– Mekanisme kerja : Glukokortikoid alami (hydrocortisone dan cortisone), yang juga mempunyai sifat penahan garam digunakan terapi pengganti pada keadaan defisiensi adrenokortikal. Analog sistesisnya terutama digunakan karena efek antiflamasi yang potensi pad gangguan organ-organ Glukokortikoid menyebabkan efek metabolic yang dalam dan bervariasi. Selain itu, glukokortikoid mengubah respon imun tubuh terhadap bermacam- macam rangsangan.

– Indikasi : gangguan endokrin : insufisiensi adrenokortikal primer atau      sekunder ; hyperplasia adrenal kongenital.

–  Dosis dan Pemberian :

Dosis pada anak disesuaikan untuk setiap pasien dan tergantung pada berat ringannya penyakit dan respon pasien terhadap terapi. Dosis pada insufisiensi korteks adrenal adalah sebesar 7,5-15mg/m2/hari, dibagi menjadi 3 dosis yang sama (sesegera mungkin di pagi hari, siang dan malam hari). Dosis pagi hari dapat lebih tinggi dari 2 dosis lainnya. Pada hyperplasia adrenal kongenital, umumnya dosis yang diberikan adalah 10-15 mg/m2/hari dibagi 2-3 kali pemberian dalam sehari.

Pada pasien yang mendapatkan terapi sulih hormon, pemberian dosis hydrocorticone pada kondisi stress seperti trauma, infeksi atau tindakan bedah harus dinaikan sebanyak 2-4 kali lipat dan jika diperlukan pasien dapat menerima terapi parenteral.

 

PELATIHAN SALES MANAGEMENT UNTUK SALES MANAGER DAN KEPALA CABANG PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia, PT. Indofarma Global Medika melakukan pelatihan pada karyawannya. Selama 3 hari yaitu tanggal 5 Juni 2018 sampai dengan 7 Juni 2018 bertempat di PPM Manajemen Jl. Menteng Raya No. 9 -19 Jakarta Pusat. PT. Indofarma Global Medika mengikutsertakan 2 orang perwakilan yaitu Ibu Merry Oktarina sebagai Sales Manager bidang Sales Reguler dan Bapak Ade Irwan sebagai Kepala Cabang PT. Indofarma Global Medika Cabang Semarang untuk mengikuti pelatihan Sales Management. Jumlah Peserta pada pelatihan ini adalah 10 orang.

Adapun Sasaran Pelatihan ini adalah diharapkan peserta dapat memahami :

  • Tanggung Jawab Sales Manager
  • Tantangan Sales Management
  • Perencanaan dan Peramalan Penjualan
  • Perencanaan tenaga Penjualan
  • Anggaran Penjualan
  • Building Superior Sales Force

Materi yang diberikan berkaitan dengan aktivitas Ibu Merry Oktarina sebagai Sales Manager bidang Sales Reguler dan Bapak Ade Irwan yaitu sebagai Kepala Cabang Semarang.

Pada Pelatihan ini Ibu Merry Oktarina  terpilih menjadi peserta terbaik dan komunikatif.  Bapak  Ade Irwan juga terpilih menjadi peserta terbaik dan teraktif yang mendapat bintang terbanyak dalam lembar prestasi dalam setiap sesi kegiatan pelatihan.   Kedua peserta  wakil dari PT. Indofarma Global Medika adalah yang terbaik dalam Pelatihan ini. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini Sumber Daya Manusia PT. Indofarma Global Medika mendapat tambahan ilmu dan dapat meningkatkan dan menggali potensi diri masing-masing sesuai dengan penempatan di bidangnya.

Ibu Merry Oktarina terpilih menjadi peserta terbaik dan komunikatif dalam Pelatihan
Bapak Ade Irwan terpilih menjadi peserta terbaik dan teraktif dalam Pelatihan
Foto Bersama Pemberi Materi dan Peserta Pelatihan