TRAINING MASA PERSIAPAN PENSIUN (MPP) KARYAWAN PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA

Indofarma Global Medika (PT. IGM) sebagai anak perusahaan Indofarma (Persero), Tbk yang telah ada sejak tahun 2000, selalu berusaha untuk selalu meningkatkan kesejahteraan karyawannya, salah satunya dengan menyelenggarakan acara ataupun kegiatan yang memang diperuntukkan bagi para karyawan pusat maupun karyawan cabang.

Belum lama ini, PT. Indofarma Global Medika (PT. IGM) mengadakan kegiatan Training MPP (Masa Persiapan Pensiun) Karyawan pada tanggal 7 Desember 2018. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan oleh PT. IGM ini diperuntukkan bagi para karyawan yang telah menjalani masa kerja di PT. IGM selama 25 s/d 30 tahun dan memasuki masa pensiun kerja. Training ini dilakukan sebagai bahan pembekalan bagi karyawan yang memasuki masa pensiun di hari tuanya dan pembekalan diri untuk dapat membuka usaha (entrepreneurship) saat pensiun kerja. Kegiatan yang diikuti oleh 20 karyawan yang terdiri dari 11 karyawan pusat dan 9 karyawan cabang ini dilaksanakan di PT. Medihop, salah satu principal/ mitra kerjasama alat kesehatan PT. IGM yang berlokasi di Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Pelaksanaan training ini dilakukan di salah satu principal PT. IGM agar hubungan yang terjalin tidak hanya sebatas hubungan bisnis saja, namun juga bertujuan agar dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Kegiatan ini diisi dengan materi dari ESQ Ary Ginanjar dengan tema materi training “Living Happy, Healthy and Wealthy Life”. Tema materi tersebut diberikan dalam acara ini karena pada dasarnya, manusia pasti ingin menjalani hidup yang bahagia, sehat, dan sejahtera hingga hari tua. Hal tersebut dikarenakan, apabila seseorang merasa bahagia, maka akan menimbulkan hormon endorphin yang sangat baik bagi kesehatan. Sedangkan, apabila seseorang merasa stress, maka akan menimbulkan hormon kortisol yang tidak baik bagi kesehatan. Kedua hormon tersebut dikendalikan oleh pikiran manusia itu sendiri.

Salah satu pengisi materi dalam kegiatan MPP Karyawan PT. Indofarma Global Medika, Achmad Zaki, CT, CPS, Manager Development of ESQ Tours and Travel

Seseorang yang memasuki masa menjelang pensiun akan memiliki rasa kekhawatiran yang berlebih dan dapat menyebabkan stress. Selain itu, seseorang yang telah pensiun kerja akan mulai kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan.  Hal tersebut sebenarnya sangat wajar terjadi kepada seseorang yang memang sudah terbiasa menghabiskan waktunya untuk bekerja.

Oleh karena itu, PT. IGM merasa perlu menyelenggarakan kegiatan training ini agar para karyawan yang memasuki masa pensiun kerja dapat mempersiapkan dirinya sebaik mungkin dan mengelola pemikiran (mindset) bahwa kehidupan pensiun merupakan hidup yang menggairahkan dengan tantangan yang baru. Selain itu, diharapkan dapat mengelola jiwa dan spiritual sehingga menjalankan pensiun dengan emosi yang stabil, optimis saat menjelang pensiun, sukses pasca pensiun, mental kuat, dan tentunya dapat mengatur kesehatan dengan baik.

Mental dapat ditanamkan melalui alam bawah sadar manusia, motion to emotion (gerakan memperlihatkan emosi), dan fisiologi yang menentukan perasaan manusia. Adapun mental state yang harus diterapkan dalam masa pensiun ini, yaitu focus, enjoy & energic. Tidak hanya materi saja yang disampaikan pada kegiatan training MPP ini, namun juga dilakukan survey lapangan bidang agrobisnis (budidaya jamur), perikanan, dan peternakan. Survey tersebut dilakukan untuk mengetahui bidang apa saja yang mungkin diminati oleh para karyawan tersebut pasca pensiun.

Peserta Training MPP Karyawan mendapatkan pembekalan diri mengenai peluang usaha
Para peserta Training MPP Karyawan berfoto bersama Direktur Utama & Direktur PT. Indofarma Global Medika

One Reply to “TRAINING MASA PERSIAPAN PENSIUN (MPP) KARYAWAN PT. INDOFARMA GLOBAL MEDIKA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *