5th ASEAN Medical Device Committee (AMDC) Meeting

Pada tanggal 3 Oktober sampai dengan  5 Oktober 2017 diadakan 5th ASEAN Medical Device Committee (AMDC) Meeting and Related Meetings, Pembukaan dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K). di Royal Ballroom Hotel JW Marriott Surabaya.    PT. Indofarma Global Medika dan PT. Indofarma (persero), Tbk berpartisipasi dalam penyelenggaraan Meeting ini

ASEAN Medical Device Committee adalah kelanjutan dari forum ASEAN Consultative Committee on Standard and Conformance – Medical Device Product Working Group (ACCSQ-MDPWG) yang telah mengakhiri tugasnya melalui pertemuan 20th ACCSQ-MDPWG di Yangon – Myanmar pada tahun 2015, setelah ditandatanganinya perjanjian ASEAN Medical Device Directives (AMDD) pada 21 November 2014 oleh 10 Menteri Perdagangan ASEAN.

5th ASEAN Medical Device Committee Meeting membahas perkembangan regulasi, standar dan mutu alat kesehatan di regional dan dunia.

Acara ini dihadiri oleh regulator dari 10 negara anggota ASEAN dan peserta training dari 125 industri alat kesehatan dari berbagai wilayah ASEAN.

Peran Indonesia (dalam hal ini Kementerian Kesehatan) dalam AMDC adalah sebagai Chair of AMDTC, yang memimpin dalam pembahasan isu dan hal teknis terkait dengan implementasi dari AMDD. Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang berkomitmen terhadap peningkatan standar keamanan dan mutu alat kesehatan yang diharmonisasikan melalui AMDD dan saat ini AMDD sedang dalam tahap ratifikasi untuk dapat diadopsi kedalam peraturan nasional negara ASEAN dengan batas waktu tahun 2020.

Menteri Kesehatan RI menyampaikan tujuan akhir dari harmonisasi melalui AMDD adalah untuk menjamin keamanan, mutu dan kemanfaatan alat kesehatan yang beredar di wilayah ASEAN khususnya Indonesia dan untuk menghilangkan hambatan teknis dalam perdagangan dan memfasilitasi perdagangan untuk mewujudkan ASEAN Economic Community (AEC).

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah agar alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri mampu bersaing dan tak kalah dengan alat kesehatan buatan negara lain seperti Eropa dan Amerika. Minimal wilayah ASEAN yang jumlah penduduknya cukup besar dan secara regional dapat melakukan marketing secara global,   dan dibuatkan standar yang sama.

One Reply to “5th ASEAN Medical Device Committee (AMDC) Meeting”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *